Site Loader
wisata jakarta pusat

Berlibur tidak melulu harus ke tempat hiburan atau permainan saja, kalau sesekali sih boleh. Tapi berganti tema acara liburan menjadi berwisata sekaligus mengingat sejarah rasanya akan lebih baik. Untuk itu mari mengunjungi wisata Jakarta Pusat yang penuh dengan tempat bersejarah dan mengingat kembali sejarah penting yang terjadi

Beberapa museum dan tempat bersejarah di bawah ini, dipilih karena yang paling cocok akan tema kita kali ini.

Tidak usah lama – lama mari langsung kita mulai saja review tempat wisata yang berupa museum dan tempat bersejarah di bawah ini :

Monas  

Semua orang pasti tahu apa itu Monas dan dimana letaknya, rasanya hampir semua orang juga sudah pernah kesini. Tapi kalau mengunjungi Monas lagi dengan pengetahuan sejarah yang ada, pasti rasanya berbeda. Monumen Nasional ini ada atas inisiatif Presiden Soekarno pada 1961 dengan desain arsitektur rancangan Frederich Silaban dan dilanjutkan oleh R.M Soedarsono.

Di dalamnya terdapat diorama saat Indonesia dijajah oleh Belanda dan Jepang. Ada pula diorama yang menunjukan konstruksi Borobudur pada zaman Sriwijaya dan Majapahit. Lalu untuk kamu yang ingin tahu bagaimana bentuk teks proklamasi Indonesia yang sangat bersejarah, ada di sini.

Museum Nasional

Jika Monas berisi sejarah yang berhubungan dengan kemerdekaan , maka lain dengan Museum Nasional. Di museum di Jakarta Pusat satu ini lebih kepada sejarah etnografi, arkeologi, dan geografi Indonesia. Museum yang berdiri sejak tahun 1778 ini juga sering disebut sebagai Museum Gajah karena ada patung gajah pemberian Raja Chulalongkorn, Thailand.

Di dalam museum yang buka kecuali hari senin dari jam 08:00 – 16:00, terdapat bermacam – macam koleksi arca nusantara yang lengkap. Kamu bahkan bisa melihat Prasasti Singasari dari tahun 1352, dan Arca Adityawarman yang menjadi bukti masa Hindu – Budha di Indonesia.

Selain itu bagi kamu yang penasaran mengenai berbagai bentuk upacara ritual yang ada di Indonesia bisa kok. Di bagian utara gedung  terdapat lebih dari 300 koleksi benda yang berhubungan dengan proses ritual. Benda – benda ini hasil koleksi dari berbagai suku di Indonesia seperti Dayak, Nias, Asmat, Dani, dan juga Baduy.

Kota Tua

Wilayah Kota Tua pada zaman dahulu disebut juga dengan Oud Batavia, di daerah ini berkumpul banyak sekali Museum. Ada Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta museum – museum lain. Wisata Jakarta Pusat satu ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Mengunjungi kawasan Kota Tua tentu tidak afdol jika hanya belajar mengenai sejarahnya. Tempat instagramable di Jakarta satu ini juga wajib diabadikan dengan berswafoto sebanyak – banyaknya. Jika kamu ingin melakukan wisata kuliner Jakarta Pusat, di sekitaran Kota Lama kamu akan banyak menemukannya.

Perpustakaan Nasional

Tempat satu ini bukanlah museum, tapi semua sejarah tentang Indonesia pasti ada di sini. Perpustakaan Nasional buka setiap hari dari pukul 09:00 – 18:00 WIB, kamu bisa bebas mengunjungi nya.

Oiya, tahukah kamu bahwa perpustakaan ini merupakan perpustakaan nasional tertinggi di dunia ? ada 27 lantai dengan tinggi 126.3 meter. Di sini bukan hanya tempat belajar saja tapi juga ada layanan anak, lansia, dan disabilitas. Jadi bisa mengajak semua anggota keluarga kesini, dan mereka nanti bisa memilih kegiatannya masing – masing.

Bagaimana  semua kunjungan tempat yang mengandung sejarah di atas ? Ternyata masing – masing tempat berbeda dan memiliki sisi menarik sendiri bukan ? Untuk itu ayo coba sekali – kali wisata Jakarta Pusat dengan cara yang berbeda yaitu mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Travello Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About the Author

Tentang Kami

Lifestyle Blogger

Beberapa membangkitkan rasa urgensi dalam diri kita untuk bertindak atas…

Travelling

October 2020
M T W T F S S
« Feb    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031